Senin, 27 Oktober 2014

Contoh contoh Silabus SD

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: KEGIATAN SEHARI-HARI


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai
Karakter
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk
Sontoh Instrumen
PKn
§  Membiasakan hidup bergotong royong
§  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
§  Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Gotong royong
§  Siswa dapat memberikan contoh bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
§  Siswa dapat menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
§  Memberikan contohtolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
§  Memelihara lingkungan kelas dan sekolah melalui perbuatan jadwal piket

tertulis, lisan,

isian,essay, Uraian

·  Jelaskanlah contohtolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat ?
·  Jelaskanlah cara memelihara lingkungan kelas dan sekolah melalui perbuatan jadwal piket

3 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS

§  Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
§  Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Pemeliharaan lingkungan
§  Dokumen keluarga
§  dapat memelihara benda penting di lingkungan keluarga
§  Cara memelihara dokumen koleksi dan benda penting keluarga
§  Menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan kumpulan lain

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio

·    Jelaskanlah Cara memelihara dokumen koleksi dan benda penting keluarga
·    Tentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan kumpulan lain



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

Matematika

§  Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500

 

§  Membandingkan bilangan sampai 500
§  Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
§  Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
§  Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
§  Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Penjumlahan dan pengurangan
§  Pengukuran waktu
§  Siswa dapat menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
§  Guru menjelaskan cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
§  Siswa dapat membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
§  Siswadapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
§  Guru menjelaskan cara menggunakan alat ukur waktu  dengan satuan jam
§  Siswa dapat mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat

§  Menentukan nilai tempat sampai ratusan
§  Membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
§  Membedakan nilai tempat antararatusan, puluhan dan satuan
§  Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung
§  Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
§  Mengubah kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
§  Menjumlah dua bilangan dan tanpa menyimpan
§  Mengurang dua bilangan dengan dan tanpa meminjam
§  Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
§  Menentukan benda yang lebih panjang , lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain
§  Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm, m)
§  Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai
§  Menentukan benda yang lebih berat , ringan atau sama berat dengan benda yang lain
§  Mengukur berat benda
§   Mengukur benda degan satuan baku yang sering digunakan  ( missalnya ons, kg)
§  menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai
§  memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang dan berat benda yang diukur
§  mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio

·    Tentukan nilai tempat sampai ratusan
·    Bagaimana cara membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
·    Jelaskanlah perbedaan nilai tempat antararatusan, puluhan dan satuan
·    Jelaskanlah cara membaca dan menggunakan symbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung
·    Bagaimana cara mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·    Jelaskanlah cara mengubah kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
·    Jumlahkanlah dua bilangan dan tanpa menyimpan
·    Kurangkanlah dua bilangan dengan dan tanpa meminjam
·    Tentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
·    Tentukan benda yang lebih panjang , lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain
·    ukurkanlah benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm, m)
·    Naksirkanlah panjang benda dengan satuan yang sesuai
·    Tentukan benda yang lebih berat , ringan atau sama berat dengan benda yang lain
·    Ukurkanlah berat benda
·    Ukurkanlah benda degan satuan baku yang sering digunakan  ( missalnya ons, kg)
·    Naksirkanlah berat benda dengan satuan yang sesuai
·    Pilihkanlah alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang dan berat benda yang diukur
·    Gerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA

§  Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
§  Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
§  Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
§  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
§  Tempat hidup makhluk hidup
§  Siswa dapat mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
§  Siswa dapat mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
§  Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar

§  Membuat bagan bagian-bagian  utama hewan dan tumbuhan serta kegunaannya
§  Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar
§  Membedakan cirri benda padat dan benda cair
§  Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio

·    Buatkanlah bagan bagian-bagian  utama hewan dan tumbuhan serta kegunaannya
·    Tunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar
·    Bedakan cirri benda padat dan benda cair
·    Jelaskanlah benda-benda yang ada di sekitar



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

B. Indonesia

Berbicara
§  Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi
Membaca
§  Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis
§  Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
§  Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
§  Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
§  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
§  Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
§  Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
§  Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat
§  Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Diri sendiri, kegiatan sehari-hari, peristiwa, hiburan.
§  Permainan, kesehatan, lingkungan, tempat umum
§  Siswa mampu bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
§  Siswa mampu menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
§  Siswa mempu menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya
§  Guru menjelaskan isi puisi yang di baca bersama
§  Siswa menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan kapital yang benar.

§  Menanyakan kalimat Tanya untuk menanyakan kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat
§  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan teman sekelas
§  Membuat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
§  Menanggapi isi percakapan yang dilakukan teman
§  Membaca teks cerita dengan lafal intonasi yang tepat
§  Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam cerita/teks
§  Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat
§  Menulis dengan menggunakan huruf sambung dengan kecepatan tertentu
§  Menulis pengalaman dengan huruf sambung (dengan memperhatikan tetepatan dan kecepatan)
§  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
§ Menulis nama orang tua, pekerjaan dan kegiatan anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio
·      Menanyakan kalimat Tanya untuk menanyakan kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat ...........
·      Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan teman sekelas ., ...................
·      Buat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
·      Jelaskanlah cara membaca teks cerita dengan lafal intonasi yang tepat
·      Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam cerita/teks adalah .......
·      Lengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat
·      Tuliskanlah dengan menggunakan huruf sambung dengan kecepatan tertentu
·      Tuliskanlah pengalaman dengan huruf sambung (dengan memperhatikan tetepatan dan kecepatan)
·      Tuliskanlah kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
·      Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan kegiatan anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
§  SBK
§  Mengenal dan menanggapi serta mengekpresikan unsure-unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa
§  Mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§  Menanggapi berbagai unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
§  Mengenal unsure-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Mengenal unsure musik, bunyi dan perpaduannya
§  Siswa dapat mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya
§  Siswa dapat memilih objek benda alam yang menarik
§  Siswa dapat mengenal unsure bunyi dan musik
§  Mengelompokkan berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar
§  Memilih objek benda alam yang menarik
§  Membedakan kuat lemahnya bunyi dengan gerakan  (tepuk tangan)
§  Membedakan tentang menguat melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan
§  Unjuk kerja


·    Kelompokkan berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar
· Pilihkanlah objek benda alam yang menarik
· Bedakan kuat lemahnya bunyi dengan gerakan  (tepuk tangan)
· Bedakan tentang menguat melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: KESEHATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai
Karakter

Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk
Sontoh Instrumen
B. Indonesia
Mendengarkan
§  Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
§  Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita.
§  Memahami wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
§  Menyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi
§  Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain
§  Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
§  Membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang tepat.
§  Meyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Membaca dan menulis kalimat sederhana
§  Siswa dapat mencatat isi pesan tentang kesehatan
§  Dapat menjelaskan cirri-ciri binatang secara rinci
§  Siswa dapat membaca teks dengan intonasi yang baik dan benar
§  Siswa dapat menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung
§  Siswa dapat membuat karangan dibantu dengan gambar yang sudah disediakan
§  Mencatat isi pesan
§  Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci  (nama cirri khasnya, suaranya, dimana hidupnya) dengan pilihan kata kalimat runtut
§  Membaca teks dengan intonasi yang tepat dengan nada yang nyaring.
§  Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat
§  Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio

·   Bagaimana cara mencatat isi pesan
·   Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci  (nama cirri khasnya, suaranya, dimana hidupnya) dengan pilihan kata kalimat runtut
·   Jelaskanlah cara membaca teks dengan intonasi yang tepat dengan nada yang nyaring.
·   Jelaskanlah cara Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat
·  Jelaskanlah cara Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan

2 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA

§  Memahami peristiwa alam danpengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
§  Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Sumber energi dan kegunaannya
§  Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam danlingkungan di bumi
§  Siswa dapat menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi kehidupan manusia
§  Dapat menguraikan pengaruh yang timbul dari cahaya matahari pada manusia
§  Memperagakan alat yang dapat menghindari dari pengaruh buruk sinar matahari
§  Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
§  Menyebutkan pngaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia
§  Memperagakan cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya tidak menatap matahari secara langsung

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio

·       Jelaskanlah kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
·       Sebutkan pngaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia
·       Peragakan cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya tidak menatap matahari secara langsung



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
IPS
§  Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

 

§  Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§  Toleransi
§  Kebersihan lingkungan di sekitar rumah
§  Dapat menyebutkan beberapa contoh cara memelihara lingkungan
§  Dapat mengungkapkan pengalaman tentang cara membersihkan lingkungan sekitar
§  Dapat mempraktekan cara bekerja sama tentang memelihara dan membersihkan lingkungan

§  Memberi contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam sekitar
§  Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio

·       Sebutkanlah contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam sekitar
·       Ceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah
·       LKS, Lembar observasi



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar