SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: KEGIATAN SEHARI-HARI
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Karakter
|
Materi Pokok dan
Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Sontoh Instrumen
|
||||||||
PKn
§
Membiasakan hidup bergotong royong
|
§ Mengenal pentingnya
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
§ Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Gotong royong
|
§ Siswa
dapat memberikan contoh bagaimana cara tolong
menolong di lingkungan sekolah
§ Siswa
dapat menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya
masing-masing secara lisan
|
§ Memberikan
contohtolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di lingkungan keluarga,
sekolah dan masyarakat
§ Memelihara
lingkungan kelas dan sekolah melalui perbuatan jadwal piket
|
tertulis, lisan,
|
isian,essay, Uraian
|
· Jelaskanlah contohtolong menolong dan saling berbagi rasa,
baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat ?
· Jelaskanlah cara memelihara lingkungan kelas dan sekolah
melalui perbuatan jadwal piket
|
3 minggu
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPS
§ Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
|
§ Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Pemeliharaan
lingkungan
§ Dokumen keluarga
|
§ dapat
memelihara benda penting di lingkungan keluarga
|
§ Cara memelihara
dokumen koleksi dan benda penting keluarga
§ Menentukan bahwa
kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan kumpulan lain
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala
sikap, portofolio
|
·
Jelaskanlah Cara memelihara dokumen koleksi dan benda
penting keluarga
·
Tentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih
sedikit atau sama dengan kumpulan lain
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
Matematika
§ Melakukan
pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500
|
§ Membandingkan bilangan sampai 500
§ Menentukan nilai
tempat ratusan, puluhan dan satuan
§ Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
§ Menggunakan alat
ukur waktu dengan satuan jam
§ Mengukur dan
menggunakan alat ukur panjang
§ Mengukur dan
menggunakan alat ukur berat
§ Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan berat benda
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Penjumlahan dan
pengurangan
§ Pengukuran waktu
|
§ Siswa
dapat menentukan bahwa
kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
§ Guru menjelaskan
cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
§ Siswa dapat membaca
dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
§ Siswadapat
melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
§ Guru menjelaskan
cara menggunakan alat ukur waktu
dengan satuan jam
§ Siswa
dapat mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat
|
§ Menentukan nilai
tempat sampai ratusan
§ Membaca dan menulis
lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
§ Membedakan nilai
tempat antararatusan, puluhan dan satuan
§ Membaca dan
menggunakan symbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung
§ Mengingat fakta
dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
§ Mengubah kalimat
atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
§ Menjumlah dua
bilangan dan tanpa menyimpan
§ Mengurang dua
bilangan dengan dan tanpa meminjam
§ Membaca dan
menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
§ Menentukan benda
yang lebih panjang , lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain
§ Mengukur benda
dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm, m)
§ Menaksir panjang
benda dengan satuan yang sesuai
§ Menentukan benda
yang lebih berat , ringan atau sama berat dengan benda yang lain
§ Mengukur berat
benda
§ Mengukur benda degan satuan baku yang sering
digunakan ( missalnya ons, kg)
§ menaksir berat
benda dengan satuan yang sesuai
§ memilih alat ukur
yang sesuai untuk mengukur panjang dan berat benda yang diukur
§ mengerjakan soal
cerita yang berkaitan dengan berat benda
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala
sikap, portofolio
|
·
Tentukan nilai tempat sampai ratusan
·
Bagaimana cara membaca dan menulis lambang bilangan
dalam kata-kata dan angka
·
Jelaskanlah perbedaan nilai tempat antararatusan,
puluhan dan satuan
·
Jelaskanlah cara membaca dan menggunakan symbol +, -,
dan = dalam pengerjaan hitung
·
Bagaimana cara mengingat fakta dasar penjumlahan dan
pengurangan sampai 20
·
Jelaskanlah cara mengubah kalimat atau bentuk
pengurangan ke bentuk penjumlahan
·
Jumlahkanlah dua bilangan dan tanpa menyimpan
·
Kurangkanlah dua bilangan dengan dan tanpa meminjam
·
Tentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
·
Tentukan benda yang lebih panjang , lebih pendek atau
sama panjang dengan benda yang lain
·
ukurkanlah benda dengan satuan baku yang sering
digunakan (misalnya cm, m)
·
Naksirkanlah panjang benda dengan satuan yang sesuai
·
Tentukan benda yang lebih berat , ringan atau sama
berat dengan benda yang lain
·
Ukurkanlah berat benda
·
Ukurkanlah benda degan satuan baku yang sering
digunakan ( missalnya ons, kg)
·
Naksirkanlah berat benda dengan satuan yang sesuai
·
Pilihkanlah alat ukur yang sesuai untuk mengukur
panjang dan berat benda yang diukur
·
Gerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPA
§ Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan,
pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
|
§ Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar
rumah dan sekolah melalui pengamatan
§ Mengidentifikasi
ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
§ Mengidentifikasi
benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
§ Tempat hidup makhluk hidup
|
§ Siswa dapat mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
§ Siswa dapat
mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
§ Siswa dapat
mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
|
§ Membuat bagan
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
serta kegunaannya
§ Menunjukkan beragam
jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar
§ Membedakan cirri
benda padat dan benda cair
§ Mengidentifikasi
benda-benda yang ada di sekitar
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala
sikap, portofolio
|
·
Buatkanlah bagan bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan serta kegunaannya
·
Tunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang
ada di sekitar
·
Bedakan cirri benda padat dan benda cair
·
Jelaskanlah benda-benda yang ada di sekitar
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
B. Indonesia
Berbicara
§ Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan
melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi
Membaca
§ Memahami teks
pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis
§ Menulis permulaan
melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
|
§ Bertanya kepada
orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam
berbahasa
§ Mendeklamasikan puisi
dengan ekpresi yang tepat
§ Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
§ Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan
membaca lancar
§ Menjelaskan isi
puisi anak yang dibaca
§ Melaengkapi cerita
sesuai dengan kata yang tepat
§ Menuliskan kalimat
sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan
memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Diri sendiri,
kegiatan sehari-hari, peristiwa, hiburan.
§ Permainan,
kesehatan, lingkungan, tempat umum
|
§ Siswa mampu bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
§ Siswa mampu menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang mudah dipahami temannya
§ Siswa mempu menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya
§ Guru menjelaskan
isi puisi yang di baca bersama
§ Siswa menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan
huruf sambung dan kapital yang benar.
|
§ Menanyakan kalimat Tanya untuk menanyakan kepada orang yang
belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat
§ Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan teman
sekelas
§ Membuat puisi dengan
tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
§ Menanggapi isi
percakapan yang dilakukan teman
§ Membaca teks cerita
dengan lafal intonasi yang tepat
§ Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam
cerita/teks
§ Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang
tepat
§ Menulis dengan
menggunakan huruf sambung dengan kecepatan tertentu
§ Menulis pengalaman
dengan huruf sambung (dengan memperhatikan tetepatan dan kecepatan)
§ Menulis kalimat
sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan
mudah dibaca
§ Menulis nama orang
tua, pekerjaan dan kegiatan anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital
dan tanda baca
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala
sikap, portofolio
|
·
Menanyakan kalimat Tanya untuk menanyakan kepada orang
yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat ...........
·
Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan
teman sekelas ., ...................
·
Buat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan
kemampuan anak
·
Jelaskanlah cara membaca teks cerita dengan lafal
intonasi yang tepat
·
Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh
dalam cerita/teks adalah .......
·
Lengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang
tepat
·
Tuliskanlah dengan menggunakan huruf sambung dengan
kecepatan tertentu
·
Tuliskanlah pengalaman dengan huruf sambung (dengan
memperhatikan tetepatan dan kecepatan)
·
Tuliskanlah kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
·
Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan kegiatan
anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
§ SBK
§ Mengenal dan
menanggapi serta mengekpresikan unsure-unsur rupa dan perpaduannya melalui
kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa
|
§ Mengenang berbagai
unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§ Menanggapi berbagai
unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
§ Mengenal
unsure-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Mengenal unsure
musik, bunyi dan perpaduannya
|
§ Siswa dapat
mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya
§ Siswa dapat memilih
objek benda alam yang menarik
§ Siswa dapat mengenal unsure bunyi dan musik
|
§ Mengelompokkan
berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan
tiga dimensi di alam sekitar
§ Memilih objek benda
alam yang menarik
§ Membedakan kuat
lemahnya bunyi dengan gerakan (tepuk
tangan)
§ Membedakan tentang
menguat melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan
|
§ Unjuk kerja
|
|
· Kelompokkan
berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan
tiga dimensi di alam sekitar
·
Pilihkanlah objek benda alam yang menarik
·
Bedakan kuat lemahnya bunyi dengan gerakan (tepuk tangan)
·
Bedakan tentang menguat melemahnya bunyi dengan
peragaan gerakan/tepukan
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: KESEHATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Karakter
|
Materi Pokok dan
Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Sontoh Instrumen
|
||||||||
B.
Indonesia
Mendengarkan
§ Memahami pesan
pendek dan dongeng yang dilisankan
§ Mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dengan
bercerita.
§ Memahami wacana
tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
§ Menyalin puisi anak
dengan hurup tegak bersambung yang rapi
|
§ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang
lain
§ Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai
ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
§ Membaca nyaring
teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang
tepat.
§ Meyalin puisi anak
dengan hurup tegak bersambung yang rapi
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Membaca dan menulis kalimat
sederhana
|
§ Siswa
dapat mencatat isi pesan tentang kesehatan
§ Dapat menjelaskan
cirri-ciri binatang secara rinci
§ Siswa dapat membaca
teks dengan intonasi yang baik dan benar
§ Siswa dapat
menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung
§ Siswa dapat membuat
karangan dibantu dengan gambar yang sudah
disediakan
|
§ Mencatat isi pesan
§ Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara
rinci (nama cirri khasnya, suaranya,
dimana hidupnya) dengan pilihan kata kalimat runtut
§ Membaca teks dengan intonasi yang tepat dengan nada yang
nyaring.
§ Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5
kalimat
§ Menuliskan karangan
pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala
sikap, portofolio
|
·
Bagaimana cara mencatat isi pesan
·
Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan
binatang secara rinci (nama cirri
khasnya, suaranya, dimana hidupnya) dengan pilihan kata kalimat runtut
·
Jelaskanlah cara membaca teks dengan
intonasi yang tepat dengan nada yang nyaring.
·
Jelaskanlah cara Menyalin kalimat cetak
menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat
· Jelaskanlah cara Menuliskan karangan pendek dengan
melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan
|
2 minggu
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPA
§ Memahami peristiwa alam danpengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Sumber energi dan
kegunaannya
§ Pengaruh sinar
matahari terhadap kondisi alam danlingkungan di bumi
|
§ Siswa
dapat menyebutkan
kegunaan panas dan cahaya matahari bagi kehidupan manusia
§ Dapat menguraikan
pengaruh yang timbul dari cahaya matahari pada
manusia
§ Memperagakan
alat yang dapat menghindari dari pengaruh buruk sinar matahari
|
§ Menjelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
§ Menyebutkan pngaruh
panas dan cahaya matahari terhadap manusia
§ Memperagakan cara
yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya tidak
menatap matahari secara langsung
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala
sikap, portofolio
|
· Jelaskanlah
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
· Sebutkan pngaruh
panas dan cahaya matahari terhadap manusia
· Peragakan cara yang
aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya tidak
menatap matahari secara langsung
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPS
§ Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
§ Memberi contoh
bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ Kebersihan
lingkungan di sekitar rumah
|
§ Dapat menyebutkan
beberapa contoh cara memelihara lingkungan
§ Dapat mengungkapkan
pengalaman tentang cara membersihkan lingkungan sekitar
§ Dapat mempraktekan
cara bekerja sama tentang memelihara dan membersihkan
lingkungan
|
§ Memberi contoh cara
memelihara dan menjaga lingkungan alam sekitar
§
Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di
sekitar rumah
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala
sikap, portofolio
|
· Sebutkanlah contoh
cara memelihara dan menjaga lingkungan alam sekitar
· Ceritakan
pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah
· LKS, Lembar observasi
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar