RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
………..
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas :
II
Semester : Genap
Alokasi Waktu :
8 jam pelajaran
A.
Standar Kompetensi
Menulis:
4. Mampu mengungungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan,
secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang
berlaku.
B.
Kompetensi Dasar
4.2.
Menulis pengalaman sendiri
4.3. Melengkapi cerita
C.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan
peserta didik dapat:
§
menulis kalimat sederhana;
§
menulis pengalaman pribadi dengan huruf sambung;
§
melengkapi cerita dengan kata-kata yang tepat.
v
Karakter yang diharapkan:
-
Disiplin
-
Tanggung jawab
-
Mandiri
-
Kreatif
D.
Materi Pembelajaran
§
Pengalaman pribadi
§
Teks cerita
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya
jawab, dan praktik
F.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
v
Kegiatan Awal
-
Apersepsi/motivasi
v
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
-
guru menuliskan beberapa kalimat.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi:
-
guru menjelaskan pengertian kalimat;
-
guru menguji pemahaman dan keterampilan peserta
didik dengan meminta menuliskan beberapa kalimat sederhana di buku tugas;
-
peserta didik diminta menuliskan pengalaman
pribadi dengan huruf sambung;
-
guru menuliskan cerita yang tidak lengkap di
papan tulis;
-
peserta didik diminta melengkapi cerita dengan
kata-kata yang tepat.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik;
-
bertanya jawab dengan peserta didik untuk
meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
v Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
-
memberikan refleksi mengenai materi yang telah
disampaikan, memberikan pekerjaan rumah, dan menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
G.
Sumber Belajar
1.
Buku paket bahasa Jawa
2.
Buku latihan soal Kartika SD
H.
Penilaian
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
§ Menulis kalimat sederhana
§ Menulis pengalaman pribadi dengan huruf sambung
§ Melengkapi cerita dengan kata-kata yang tepat
|
Tertulis dan Praktik
|
Pilihan ganda, uraian, dan penugasan
|
|
Format
Kriteria Penilaian
Ø PRODUK (HASIL DISKUSI)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Ø
PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
* Aktif
* Cukup aktif
* Kurang aktif
* Baik
* Cukup baik
* Kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Performa
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN:
Nilai =
(Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 10.
v Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………., …………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bahasa Jawa
_________________ __________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar