RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
………..
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas :
II
Semester : Genap
Alokasi Waktu :
8 jam pelajaran
A.
Standar Kompetensi
Berbicara:
2. Mampu mengungungkapkan gagasan, pikiran, pendapat, dan perasaan,
secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang
berlaku.
B.
Kompetensi Dasar
2.3.
Menceritakan pengalaman pribadi
2.4.
Mendeskripsikan tumbuhan dan binatang di
sekitarnya
C.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan
peserta didik dapat:
§
menceritakan pengalaman pribadi;
§
menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai cerita;
§
menebak benda/tumbuhan yang ciri-cirinya telah
disebutkan.
v
Karakter yang diharapkan:
-
Santun
-
Percaya diri
-
Mandiri
D.
Materi Pembelajaran
§
Pengalaman pribadi
§
Benda-benda di sekitar
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya
jawab, dan praktik
F.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
v
Kegiatan Awal
-
Apersepsi/motivasi
v
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
meminta salah satu peserta didik menyebutkan
pengalaman pribadinya;
-
menanyakan kepada peserta didik mengenai nama
benda-benda yang ada di sekitarnya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi:
-
guru membacakan teks cerita yang berisi
pengalaman pribadi;
-
peserta didik menceritakan pengalaman pribadinya;
-
peserta didik melakukan tanya jawab dengan teman
semeja tentang cerita pengalaman pribadi masing-masing;
-
menebak benda-benda yang telah disebutkan
ciri-cirinya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik;
-
bertanya jawab dengan peserta didik untuk
meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan materi yang
telah diajarkan.
v Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
-
memberikan refleksi mengenai materi yang telah
disampaikan, memberikan pekerjaan rumah, dan menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
G.
Sumber Belajar
1.
Buku paket bahasa Jawa
2.
Buku latihan soal Kartika SD
H.
Penilaian
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
§ Menceritakan pengalaman pribadi, misal: pengalaman berenang di
sungai dengan teman, belajar naik sepeda, dll.
§ Menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai cerita
§ Menebak benda/tumbuhan yang ciri-cirinya telah disebutkan
|
Tertulis, Lisan, dan Praktik
|
Pilihan ganda, isian, uraian, tanya jawab, dan
penugasan
|
|
Format
Kriteria Penilaian
Ø PRODUK (HASIL DISKUSI)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Ø
PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
* Aktif
* Cukup aktif
* Kurang aktif
* Baik
* Cukup baik
* Kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Performa
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN:
Nilai =
(Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 10.
v Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………., …………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bahasa Jawa
_________________ __________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar