Senin, 27 Oktober 2014

RPP Bahasa Jawa SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                : ………..
Mata Pelajaran             : Bahasa Jawa
Kelas                                    : II
Semester                          : Genap
Alokasi Waktu               : 8 jam pelajaran

A.       Standar Kompetensi
Berbicara:
2.       Mampu mengungungkapkan gagasan, pikiran, pendapat, dan perasaan, secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku.

B.        Kompetensi Dasar
2.3.   Menceritakan pengalaman pribadi
2.4.   Mendeskripsikan tumbuhan dan binatang di sekitarnya

C.        Tujuan Pembelajaran
Diharapkan peserta didik dapat:
§   menceritakan pengalaman pribadi;
§   menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai cerita;
§   menebak benda/tumbuhan yang ciri-cirinya telah disebutkan.

v              Karakter yang diharapkan:
-         Santun
-         Percaya diri
-         Mandiri

D.       Materi Pembelajaran
§   Pengalaman pribadi
§   Benda-benda di sekitar

E.        Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, dan praktik

F.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
v  Kegiatan Awal
-         Apersepsi/motivasi
v  Kegiatan Inti
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-         meminta salah satu peserta didik menyebutkan pengalaman pribadinya;
-         menanyakan kepada peserta didik mengenai nama benda-benda yang ada di sekitarnya.
§   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
-         guru membacakan teks cerita yang berisi pengalaman pribadi;
-         peserta didik menceritakan pengalaman pribadinya;
-         peserta didik melakukan tanya jawab dengan teman semeja tentang cerita pengalaman pribadi masing-masing;
-         menebak benda-benda yang telah disebutkan ciri-cirinya.
§   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-         bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik;
-         bertanya jawab dengan peserta didik untuk meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan materi yang telah diajarkan.
v  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
-         memberikan refleksi mengenai materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah, dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

G.       Sumber Belajar
1.        Buku paket bahasa Jawa
2.        Buku latihan soal Kartika SD



H.       Penilaian
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
§ Menceritakan pengalaman pribadi, misal: pengalaman berenang di sungai dengan teman, belajar naik sepeda, dll.
§ Menjawab dan mengajukan pertanyaan sesuai cerita
§ Menebak benda/tumbuhan yang ciri-cirinya telah disebutkan
Tertulis, Lisan, dan Praktik
Pilihan ganda, isian, uraian, tanya jawab, dan penugasan


Format Kriteria Penilaian
Ø  PRODUK (HASIL DISKUSI)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Ø     PERFORMANSI
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


Praktik


Sikap
* Aktif
* Cukup aktif
* Kurang aktif
* Baik
* Cukup baik
* Kurang baik
3
2
1
3
2
1

Lembar Penilaian

No.

Nama Peserta Didik
Performa

Produk

Jumlah Skor

Nilai
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







CATATAN:
Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 10.
v  Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

………….,  …………………….
Mengetahui                                                                                                                                                       
Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Guru Bahasa Jawa


                                                                                                                                   
_________________                                                                                                                                 __________________
NIP.                                                                                                                                                                           NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar