RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
………..
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas :
II
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
A.
Standar Kompetensi
Membaca:
3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks pendek dengan teknik
membaca bersuara dan membaca indah beberapa kalimat sederhana berupa cerita
wayang, dongeng, dan geguritan.
B.
Kompetensi Dasar
3.3. Membaca indah
C.
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan
peserta didik dapat:
§ membaca indah geguritan atau mengapresiasi tembang dolanan dalam gerak
dan mimik yang tepat;
§ mengembangkan tembang dolanan dengan mengekspresikan lewat gerak dan
lagu;
§ membaca dongeng/cerita.
v
Karakter yang diharapkan:
-
Percaya diri
-
Kreatif
D.
Materi Pembelajaran
§
Geguritan tembang dolanan
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya
jawab, dan praktik
F.
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
v
Kegiatan Awal
-
Apersepsi/motivasi
v
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan ekslorasi, guru:
-
meminta peserta didik menyebutkan geguritan atau
tembang dolanan yang dikenalnya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi:
-
guru menuliskan beberapa teks geguritan atau
tembang dolanan di papan tulis;
-
pesera didik membaca indah geguritan atau
mengapresiasi tembang dolanan dalam gerak dan mimik yang tepat;
-
peserta didik mengembangkan tembang dolanan
dengan mengekspresikan lewat gerak dan lagu.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik;
-
bertanya jawab dengan peserta didik untuk
meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan materi yang
telah diajarkan.
v Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
-
memberikan refleksi mengenai materi yang telah
disampaikan, memberikan pekerjaan rumah, dan menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
G. Sumber Belajar
1.
Buku paket bahasa Jawa
2.
Buku latihan soal Kartika SD
3.
Tembang dolanan
4.
Teks geguritan
5.
Buku dongeng anak
H. Penilaian
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
§ Membaca indah geguritan atau mengapresiasi tembang dolanan dalam
gerak dan mimik yang tepat
§ Mengembangkan tembang dolanan dengan meng-ekspresikan lewat gerak
dan lagu
§ Membaca dongeng/cerita
|
Tertulis dan Praktik
|
Uraian dan penugasan
|
|
Format
Kriteria Penilaian
Ø PRODUK (HASIL DISKUSI)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Ø
PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktik
Sikap
|
* Aktif
* Cukup aktif
* Kurang aktif
* Baik
* Cukup baik
* Kurang baik
|
3
2
1
3
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Performa
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Praktik
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN:
Nilai =
(Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 10.
v Untuk peserta didik yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………., …………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bahasa Jawa
_________________ _________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar