Senin, 27 Oktober 2014

Silabus SD

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: BUDI PEKERTI


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai
Karakter
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber
Ajar
Teknik
Bentuk
Sontoh Instrumen
B. Indonesia :
§ Mendengarkan : zmemahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
§ Berbicara          : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan   mendeskripsikan benda
§ Menulis             : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar   dan menyalin puisi anak
§ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
§ Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§ Toleransi
§ Menyampaikan pesan pendek.
§ Menyalin kalimat.
§ Menulis karangan / puisi
§ Memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan maupuntulisan.
§ Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
§ Membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan
§ Mencatat isi pesan.
§ Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
§ Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
§ Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio
·   Menyimpulkan isi dongeg
·   Salin ke dalam hurup sambung
 -  Ibu guru sedang menasehati  murid kelas dua.
 -  Ayah dan ibu sangat menyayangi kita
 -  Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu.
    Meneruskan karangan dengan mengisi titik pada cerita yang sudah di siapkan




2  minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS :

§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

§ Mengenal kegiatan bermusyawarah
§ Menghargai suara terbanyak.
§ Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
§ Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
§ Kejujuran
§ Disiplin
§ Bekerja keras
§ Musyawarah.
§ Menghargai pendapat orang lain dan hasilkeputusan bersama.
§ Sikap lapang dada.
§ Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja
§ Memahami dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
§ Memahami dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
§ Membiasakan untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
§ Merasakan manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan senang bekerja
§ Menyebutkan cara bermusyawarah yang benar.
§ Mengerjakan tugas dengan cara berkelompok.
§ Membiasakan melakukan musyawarah dalam kegiatan sehari-hari.
§ Membiasakan menghargai pendapat orang lain dalam suatu diskusi.
§ Menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan dan suara terbanyak.
§ Membiasakan untuk bersikap lapang dada.
§ Menyebutkan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menjelaskan cara dan manfaat hidup jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
 Unjuk kerja

§ Melakukan simulasi Musyawarah yang baik dalam pemilihan ketua kelas




Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa






SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: LINGKUNGAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai
Karakter
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber
Ajar
Teknik
Bentuk
Sontoh Instrumen
B. Indonesia :
Berbicara :
· Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
Menulis :
· Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
B. Indonesia
·   Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·   Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·   Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·   Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
· Toleransi
·   Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
·   Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
·   Mendeklamasikan puisi
·   Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.
·   Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
·   Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
·   Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.
·   Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
·   Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
·   Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia
·   Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·   Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·   Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·   Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
·   Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·   Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·   Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·   Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·   Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·   Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·   Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.


tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio

·     Bagaimana cara Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·     Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·     Jelaskanlah cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·     Jelaskanlah pertanyaan tentang isi cerita.
·     Ceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·     Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·     Jelaskanlah cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·     Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·     Salinkanlah kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·     Tuliskanlah karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·     Tuliskanlah karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

4 minggu
·     Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

Matematika

· Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
· Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana

Matematika

·     Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·     Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·     Melakukan operasi bilangan campuran.
·     Mengelompokkan bangun datar.
·     Mengenal sudut bangun datar
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
·     Toleransi
·   Perkalian dan pembagian.
·   Bangun datar dan unsure bangun datar
·   Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
·   Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
·   Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
·   Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
·   Siswa dapat menentukan, menggambar  bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi
·   Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·   Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·   Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·   Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.
·   Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·   Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·   Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut


·   Jelaskanlah pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·   Jelaskanlah pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·   Hitungkanlah secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·   Hitungkanlah bangun datar menurut ukurannya.
·   Tentukanlah unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·   Tentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·  Bagaimana cara Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA

· Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
· Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

 

IPA

·     Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
·     Toleransi
·   Sumber panas dan energi serta kegunaannya
·   Siswa dapat mencari sumber  bunyi  alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
·   Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
·   Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·   Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang
·   Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·   Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·   Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·   Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
·   Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·   Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·   Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·   Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.


·   Sebutkanlah sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·   Sebutkanlah contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·   Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·   Jelaskanlah alasan penggunaan jenis energi listrik.
·   Ceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·   Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·   Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·   Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS

· Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
IPS
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
·     Toleransi
·   Menceritakan pengalaman
·   Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·   Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
·   Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·   Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
·   Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·   Memperagakan peran tentang diri sendiri.
·   Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·   Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·   Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.




·     Ceritakan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·     Peragakan peran tentang diri sendiri.
·     Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·     Sebutkanlah contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·     Ceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
SBK
· Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
· Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
· Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung

SBK

·     Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·     Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
·     Berkreasi dengan cat warna
·   Disiplin
·   Tekun
·   Tanggung jawab
·   Ketelitian
·   Percaya diri
·   Keberanian
·   Kerja sama
·   Toleransi
·   Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
·   Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
·   Siswa dapat memainkan alat musik ritmis.
·   Siswa dapat menjelaskan  cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.
·   Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·   Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·   Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·   Mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·   Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
Unjuk kerja


·     Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·     Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·     Jelaskanlah  cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·     Jelaskanlah cara mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·     Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar