SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: BUDI PEKERTI
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Karakter
|
Materi Pokok dan
Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Ajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Sontoh Instrumen
|
||||||||
B. Indonesia :
§ Mendengarkan :
zmemahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
§ Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan
benda
§ Menulis : menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda di sekitar dan
menyalin puisi anak
|
§ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
§ Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§
Menyampaikan pesan pendek.
§
Menyalin kalimat.
§
Menulis karangan / puisi
|
§
Memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada
orang lain baik lisan maupuntulisan.
§
Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat
tegak bersambung.
§
Membuat karangan pendek dengan
melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan
|
§
Mencatat isi pesan.
§ Menyampaikan pesan
secara lisan kepada orang lain.
§ Menyalin kalimat
cetak menjadi kalimat tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
§ Menuliskan karangan
pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala sikap, portofolio
|
· Menyimpulkan isi
dongeg
· Salin ke dalam
hurup sambung
- Ibu
guru sedang menasehati murid kelas
dua.
- Ayah dan ibu
sangat menyayangi kita
- Apa pendapatmu
tentang karakter tokoh dalam cerita itu.
■ Meneruskan
karangan dengan mengisi titik pada cerita yang sudah di siapkan
|
2
minggu
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPS :
§ Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
§
Mengenal kegiatan
bermusyawarah
§
Menghargai suara terbanyak.
§ Menampilkan sikap
mau menerima kekalahan.
§ Mengenal nilai
kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Kejujuran
§ Disiplin
§ Bekerja keras
|
§
Musyawarah.
§
Menghargai pendapat orang lain dan
hasilkeputusan bersama.
§ Sikap lapang dada.
§ Nilai-nilai
kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja
|
§ Memahami
dan membiasakan
melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
§ Memahami dan
menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
§
Membiasakan untuk bersikap lapang dada,
jujur, disiplin, dan senang bekerja.
§ Merasakan manfaat hidup penuh
dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang
dada dan senang bekerja
|
§
Menyebutkan cara bermusyawarah yang
benar.
§ Mengerjakan tugas
dengan cara berkelompok.
§
Membiasakan melakukan musyawarah dalam
kegiatan sehari-hari.
§
Membiasakan menghargai pendapat orang
lain dalam suatu diskusi.
§
Menghargai hasil keputusan bersama atas
dasar kesepakatan dan suara terbanyak.
§ Membiasakan untuk bersikap lapang dada.
§ Menyebutkan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menjelaskan cara
dan manfaat hidup jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Unjuk
kerja
|
|
§ Melakukan simulasi
Musyawarah yang baik dalam pemilihan ketua kelas
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: LINGKUNGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Karakter
|
Materi Pokok dan
Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Ajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Sontoh Instrumen
|
||||||||
B. Indonesia :
Berbicara :
· Mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
Menulis :
· Menulis permulan
dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
|
B. Indonesia
· Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah di pahami orang lain.
· Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
· Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
· Menyalin puisi anak
dengan huruf tegak bersambung yang rapi
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
· Toleransi
|
·
Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan
hewan.
· Cara penulisan
huruf kapital yang sesuai/benar.
·
Mendeklamasikan puisi
|
· Siswa
dapat menirukan gerak dan suara binatang.
· Siswa dapat
menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya
dengan teman.
·
Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai
dengan cerita.
· Siswa dapat
menuliskan yang didiktekan guru.
· Siswa dapat
melengkapi cerita tentang data keluarga.
· Siswa dapat menulis
dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan
tepat.
·
Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan
gambar yang tersedia
|
· Menirukan gerak dan
suara binatang tertentu.
· Menjelaskan
cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri
khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
· Mendeskripsikan
cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
· Menjawab pertanyaan
tentang isi cerita.
· Menceritakan
kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
· Menuliskan kalimat
yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan
binatang.
· Melengkapi cerita
tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
· Menulis nama orang
tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan
tanda baca.
· Menyalin kalimat
cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
· Menulis karangan
dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
· Menulis karangan
sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan
kecepatan tertentu.
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala sikap, portofolio
|
· Bagaimana cara
Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
· Jelaskan cirri-ciri
tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya,
suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
· Jelaskanlah
cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
· Jelaskanlah pertanyaan
tentang isi cerita.
· Ceritakan kembali
cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
· Tuliskan kalimat
yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan
binatang.
· Jelaskanlah cerita
tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
· Tuliskanlah nama
orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf
kapital dan tanda baca.
· Salinkanlah kalimat
cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
· Tuliskanlah
karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
· Tuliskanlah
karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi
dan kecepatan tertentu.
|
4 minggu
|
· Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
Matematika
· Bilangan :
melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
· Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana
|
Matematika
· Melakukan perkalian
bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
· Melakukan pembagian
dua angka / bilangan dua angka.
· Melakukan operasi bilangan campuran.
· Mengelompokkan bangun datar.
· Mengenal sudut
bangun datar
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
·
Toleransi
|
·
Perkalian dan pembagian.
· Bangun datar dan
unsure bangun datar
|
· Siswa
dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
· Siswa dapat
mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
· Siswa dapat
menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
· Siswa dapat
mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
·
Siswa dapat menentukan, menggambar bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi
|
· Mengingat pakta
perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
· Mengingat pakta
pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
· Menghitung secara
cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan
datar, menurut bentuknya.
·
Menggunakan bangun datar menurut
ukurannya.
·
Menentukan unsure bangun datar yaitu
titik sudut, garis, sisi.
· Menentukan
unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
· Menggambar dan
membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan
menunjukkan sudut
|
|
|
· Jelaskanlah pakta
perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
· Jelaskanlah pakta
pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
· Hitungkanlah secara
cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan
datar, menurut bentuknya.
· Hitungkanlah bangun
datar menurut ukurannya.
· Tentukanlah unsure
bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·
Tentukan unsure-unsur bangun datar yaitu
sudut.
·
Bagaimana cara Menggambar dan membuat
bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPA
· Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
· Memahami peristiwa
alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA
· Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas,
listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
· Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya.
· Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
· Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
· Toleransi
|
· Sumber panas dan
energi serta kegunaannya
|
·
Siswa dapat mencari sumber bunyi
alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas,
sumber energi yang menghasilkan cahaya.
· Siswa dapat memberi
alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
· Siswa dapat
menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada
pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan
matahari dengan baying-bayang
|
· Mencari sumber
panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
· Mencari contoh alat
rumah tangga yang menggunakan energi.
·
Memberi contoh jenis energi yang sering
digunakan sehari-hari.
· Memberi alasan
penggunaan jenis energi listrik.
· Menceritakan
kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·
Membedakan panas matahari pada pagi,
siang dan sore hari.
·
Menceritakan adanya hubungan antara
kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya
matahari dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
· Sebutkanlah sumber
panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
· Sebutkanlah contoh
alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·
Sebutkanlah contoh jenis energi yang
sering digunakan sehari-hari.
· Jelaskanlah alasan
penggunaan jenis energi listrik.
· Ceritakan kedudukan
matahari pagi, siang dan sore hari.
·
Bedakan panas matahari pada pagi, siang
dan sore hari.
·
Ceritakan adanya hubungan antara
kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Jelaskan kegunaan panas dan cahaya
matahari dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPS
· Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
IPS
·
Menceritakan pengalaman dalam
melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
· Memberi contoh
bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
·
Toleransi
|
·
Menceritakan pengalaman
|
·
Siswa dapat mengungkapkan
pengalaman diri sendiri dan keluarga.
· Siswa dapat
memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
· Siswa dapat
menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·
Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan
menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar rumah.
|
·
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri
dan keluarga.
· Memperagakan peran
tentang diri sendiri.
·
Menceritakan keadaan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
·
Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga
lingkungan alam di sekitar kita.
·
Menceritakan pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar rumah.
|
|
|
·
Ceritakan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
· Peragakan peran
tentang diri sendiri.
· Ceritakan keadaan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
· Sebutkanlah contoh
cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
· Ceritakan
pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
SBK
· Mengenal, mengingat
dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke
dalam karya seni rupa.
· Mengenal,
menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan
indrawi ke dalam karya musik.
· Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model
benda yang terapung
|
SBK
· Mengekpresikan diri
dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
· Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
· Berkreasi dengan cat
warna
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
· Toleransi
|
· Membuat gambar
cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
|
·
Siswa dapat membuat karya gambar cetak
ekpresi.
· Siswa dapat memainkan alat musik ritmis.
· Siswa dapat menjelaskan cara pembuatan cat warna dari bahan alam
serta mendemontrasikannya.
|
·
Membuat karya gambar cetak ekpresi
dengan berbagai motif imajinatif.
·
Memnuat karya gambar cetak ekpresi
dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
· Memainkan alat
musik ritmis dengan cara yang benar.
· Mengatur komposisi
ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari
bahan alam dan buatan.
|
Unjuk kerja
|
|
· Jelaskanlah karya
gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
· Jelaskanlah karya
gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
· Jelaskanlah cara memainkan alat musik ritmis dengan
cara yang benar.
· Jelaskanlah cara
mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
· Jelaskanlah cara
pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar