Senin, 27 Oktober 2014

Contoh Silabus SD


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: PERISTIWA


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator 
Pencapaian
Penilaian
Alokasi 
Waktu
Sumber
ajar
Teknik
Bentuk
Sontoh Instrumen
B. Indonesia :
·   Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
·   Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
·   Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
·   Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
·     Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
·     Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·     Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
·     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama

·    Teks berisi pesan pendek.
·    Bercerita tentang dongeng.
·    Menceritakan yang didengarkan.
·    Teks panjang 20 – 25 kalimat.
·    Puisi menggunakan huruf sambung
·      Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
·      Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·      Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
·      Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar
·      Mencatat isi pesan.
·      Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·      Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·      Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·      Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·      Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·      Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·      Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)
 Tes lisan Tes tertulis

uraian
isian
·     Bagaimana cara mencatat isi pesan.
·     Bagaimana cara Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·     Bagaimana cara menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·     Bagaimana cara menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·     Ceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·     Bacakanlah lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·     Jelaskanlah isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·     Bagaimana cara Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)

3 minggu
 Buku Tematik
Kls 2

IPS :

·   Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

·     Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·     Tanggung jawab
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
·     Toleransi
·    Dokumen diri dan keluarga.
·    Pengalamam diri sendiri dan keluarga
·      Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·      Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·      Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·      Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·      Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·      Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·      Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·      Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·      Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
·   Tunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·   Ceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·   Jelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·   Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·   Sebutkanlah pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·   Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

·           

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA :

·   Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
·   Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama

·    Sumber energi dan kegunaannya
·    Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
·    Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
·      Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·      Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
·      Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari
·      Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·      Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·      Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·      Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·      Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·      Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·      Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
·     Bagaimana cara Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·     Tunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·     Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·     Ceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·     Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·     Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·     Sebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

·           
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

SBK :

·   Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air
·     Berkreasi dengan cat warna.
·     Tekun
·     Ketelitian
·     Keberanian

·    Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan
·      Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·      Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna
·      Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan
Unjuk Kerja

·     Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari  bahan buatan.
·     LKS
·     Lmbar observasi.


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa







SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: KEGEMARAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai
Karakter
Materi Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator 
Pencapaian
Penilaian
Alokasi 
Waktu
Sumber
ajar
Teknik
Bentuk
Sontoh Instrumen
B. Indonesia :
§ Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati.
§ Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
§ Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama

§ lafal dan intonasi
     yang tepat.
§ sederhana dengan   
    bahasa tulis
·   Siswa dapat meniknati kegiatan membaca
§ Siswa dapat memilih bacaan yang disenangi.
·   Siswa dapat menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga
§ Menikmati kegiatan membaca.
§ Memilih bacaan yang disenangi.
§ Menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
·   Jelaskanlah tentang  kegiatan membaca.
·   Memilih bacaan yang disenangi contoknya .....
·   Tuliskanlah karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.

3 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS :

§ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

§ Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§ Toleransi
§ kedudukan dan peran anggota keluarga.
§ Siswa dapat menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang          Keluarga
§ Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.


·   Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
KTK :
§ Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi kedalam karya seni rupa.
§ Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
§ Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman kepekaan indrawi.
§ Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung
§ Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
§ Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
§ Mengekpresikan diri dengan menanpilkan gerak tari.
§ Berkreasi dengan cat warna
·     Disiplin
·     Tekun
·     Tanggung jawab
·     Ketelitian
·     Percaya diri
·     Keberanian
·     Kerja sama
§ Toleransi
§ diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
§ diri dengan penampilan musik.
§ diri dengan menanpilkan gerak tari.
§ cat warna
§ Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif
§ Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
§ Siswa dapat melakukan tepuk bervariasi.
§ Siswa dapat memainkan alat musik sederhana.
§ Siswa dapat memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
§ Siswa dapat melakukan gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
§ Siswa dapat melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
§ Siswa dapat melakukan tarian pendek secara perorangan.
§ Siswa dapat mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.

§ Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
§ Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
§ Melakukan tepuk bervariasi.
§ Memainkan alat musik sederhana.
§ Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
§ Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
§ Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
§ Melakukan tarian pendek secara perorangan.
§ Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
§ Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan


·   Buatkanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·   Buatkanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
·   Jelaskanlah tepuk bervariasi.
·   Sebutkanlah memainkan alat musik sederhana.
·   Bagaimana cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·   Bagaimana cara Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
·   Bagaimana cara Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
·   Bagaimana cara Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·   Bagaimana cara Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·   Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.

·   LKS


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar