SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: PERISTIWA
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Karakter
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
ajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Sontoh Instrumen
|
||||||||
B. Indonesia :
· Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
·
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan
mendeskripsikan benda dan bercerita
· Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan
membaca dalam hati
· Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan
menyalin puisi anak
|
· Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang
lain.
· Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
· Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Menyebutkan isi
teks agak panjang (20 – 25 kalimat)
yang dibaca dalam hati.
· Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
|
· Tekun
· Tanggung jawab
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
|
· Teks berisi pesan pendek.
· Bercerita tentang dongeng.
· Menceritakan yang didengarkan.
·
Teks panjang 20 – 25 kalimat.
· Puisi menggunakan
huruf sambung
|
· Siswa dapat menulis
pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
· Siswa dapat
menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·
Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks
cerita agak panjang.
· Siswa dapat menulis
pengalaman dengan huruf sambung yang benar
|
· Mencatat isi pesan.
·
Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·
Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang
didengarkan.
·
Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan
menggunakan kata-kata sendiri.
·
Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak
panjang .
· Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
· Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan
dan kecepatan)
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
· Bagaimana cara mencatat isi pesan.
· Bagaimana cara Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
· Bagaimana cara menyampaikan pesan secara lisan kepada orang
lain.
· Bagaimana cara menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi
cerita yang didengarkan.
· Ceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan
kata-kata sendiri.
·
Bacakanlah lancar dengan pemahaman teks cerita agak
panjang .
·
Jelaskanlah isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·
Bagaimana cara Menulis pengalaman dengan huruf sambung
(memperhatikan ketepatan dan kecepatan)
|
3
minggu
|
Buku Tematik
Kls 2
|
IPS :
·
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan
lingkungan tetangga
|
· Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota keluarga.
· Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
· Memberi contoh
bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
· Tanggung jawab
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
· Toleransi
|
·
Dokumen diri dan keluarga.
· Pengalamam diri
sendiri dan keluarga
|
· Siswa dapat
memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
· Siswa dapat
mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
|
· Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
· Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri
dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
· Menjelaskan
pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
· Menceritakan cara
memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
· Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
· Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
· Tunjukkan dokumen diri dan keluarga.
· Ceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri
dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·
Jelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi
barang keluarga.
·
Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang
keluarga.
·
Sebutkanlah pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah.
|
·
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPA :
· Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
·
Memahami peristiwa
alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengidentifikasikan
sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan
sekitar.
· Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang
dan sore hari.
· Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
|
·
Sumber energi dan kegunaannya
·
Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
· Kegunaan panas
matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
· Siswa dapat
menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·
Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan
sore hari.
·
Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
· Siswa dapat memahami
adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari
|
· Mencari sumber yang
menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
· Menunjukkan sumber
yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
· Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan
sehari-hari.
· Menceritakan
kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
· Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
· Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan
baying-bayang yang terbentuk.
· Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
· Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap
manusia.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
·
Bagaimana cara Mencari sumber yang menghasilkan panas,
bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·
Tunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan
cahaya.
·
Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan
sehari-hari.
·
Ceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore
hari).
·
Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari
dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Sebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap
manusia.
|
·
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
SBK :
·
Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung
di air
|
· Berkreasi dengan
cat warna.
|
· Tekun
· Ketelitian
· Keberanian
|
·
Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari
bahan alami dan buatan
|
·
Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat
warna dari bahan buatan.
· Siswa dapat memilih
bahan buatan yang dapat dibuat cat warna
|
· Mendemontrasikan
cara pembuatan cat warna dari bahan buatan
|
Unjuk
Kerja
|
|
· Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
· LKS
· Lmbar observasi.
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: KEGEMARAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Karakter
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
ajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Sontoh Instrumen
|
||||||||
B. Indonesia :
§
Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca nyaring dan membaca dalam hati.
§
Menulis permulaan dengan mendeskripsikan
benda di sekitar dan menyalin puisi anak
|
§ Membaca nyaring
teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang
tepat.
§ Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
|
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
|
§ lafal dan intonasi
yang tepat.
§
sederhana dengan
bahasa tulis
|
· Siswa dapat meniknati kegiatan membaca
§ Siswa dapat memilih bacaan yang disenangi.
·
Siswa dapat menulis karangan tentang
kegiatan cara menanam bunga
|
§
Menikmati kegiatan
membaca.
§
Memilih bacaan yang
disenangi.
§ Menulis karangan
tentang kegiatan cara menanam bunga
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
·
Jelaskanlah tentang kegiatan membaca.
·
Memilih bacaan yang disenangi contoknya .....
· Tuliskanlah
karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
|
3 minggu
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPS :
§ Memahami kedudukan
dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
§ Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota keluarga.
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ kedudukan dan peran
anggota keluarga.
|
§ Siswa
dapat menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang Keluarga
|
§ Menceritakan cara
memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
|
|
|
· Ceritakan cara
memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
KTK :
§ Mengenal, mengingat
dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
kedalam karya seni rupa.
§ Mengenal,
menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur musik dan perpaduannya melalui
kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
§ Mengenal,
menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman
kepekaan indrawi.
§ Memahami nilai
berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung
|
§ Mengekpresikan diri
dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
§ Mengekpresikan diri
dengan penampilan musik.
§ Mengekpresikan diri
dengan menanpilkan gerak tari.
§ Berkreasi dengan cat warna
|
· Disiplin
· Tekun
· Tanggung jawab
· Ketelitian
· Percaya diri
· Keberanian
· Kerja sama
§ Toleransi
|
§ diri dengan
berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
§ diri dengan
penampilan musik.
§ diri dengan
menanpilkan gerak tari.
§ cat warna
|
§ Siswa
dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif
§ Siswa dapat membuat karya
gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
§ Siswa dapat
melakukan tepuk bervariasi.
§ Siswa dapat
memainkan alat musik sederhana.
§ Siswa dapat
memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
§ Siswa dapat
melakukan gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
§ Siswa dapat
melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
§ Siswa dapat melakukan
tarian pendek secara perorangan.
§ Siswa dapat
mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan
cat warna dari bahan alam.
|
§ Membuat karya
gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
§ Membuat karya
gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
§ Melakukan tepuk
bervariasi.
§ Memainkan alat
musik sederhana.
§ Memainkan alat
musik ritmis dengan cara yang benar.
§ Gerak tari dengan
iringan tepuk / hitungan.
§ Melakukan tari
denganiringan musik / tepuk.
§ Melakukan tarian pendek
secara perorangan.
§ Mengatur komposisi
/ ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
§ Mendemontrasikan
cara pembuatan cat warna dari bahan buatan
|
|
|
· Buatkanlah karya
gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
· Buatkanlah karya
gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
· Jelaskanlah tepuk
bervariasi.
·
Sebutkanlah memainkan
alat musik sederhana.
· Bagaimana cara
memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
· Bagaimana cara
Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
· Bagaimana cara
Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
· Bagaimana cara
Melakukan tarian pendek secara perorangan.
· Bagaimana cara
Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan
alam.
· Jelaskanlah cara
pembuatan cat warna dari bahan buatan.
· LKS
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar